Karep Lan Kekarepan

Share

KAREP KEKAREPAN


Adalah yang biasa disebut keinginan
bahwa setiap keinginan itu ada rasa nya
rasa tsb lah yang dinamakan dengan rahso.
ingin A B C dan seterusnya itu sama saja
ingin yang baik ingin yang buruk ingin apapun selalu ada rahso.

Keinginan disebut KAREP (pinuju ing arep), yang ditimbulkan oleh rahso
karep apapun tidak ada yang salah, karep apik olo becik mrono mrene sama saja yang berarti pinuju ing arep.

MAMPU KEMAMPUAN

Yang berarti sanggup/bisa
ketika karep melebihi/diatas kemampuan maka hal tsb hanya akan menyakiti, kemampuan harusnya sepadan dengan karep, agar karep dapat tercapai (terpenuhi).
entah itu kemampuan fisik mental spirit non fisik dll yang memang harus sepadan dengan karep, tapi karna banyak karep yang lebih besar dibanding kemampuan maka terjadi lebih banyak kekecewaan (mengalami derita).
lebih banyak karep dengan tanpa diimbangi banyaknya kemampuan sehinggah lebih banyak menuai duka derita.

WAHANA

Sudah merupakan hal yang lumrah bagi pemahaman 'jika berbuat buruk akan masuk neraka' juga sebaliknya 'jika berbuat baik akan masuk surga'
sebenarnya tidak sprt itu..
perbuatan buruk (merugikn yang lain) itu dilakukan karna seseorng berada didalam neraka, bukan utk/akan masuk neraka, tetapi karena diri yang sedang berada didalam neraka; yang tergelar oleh rasa" neraka; panas sumpek petheng gething dll..sehinggah pikiran buruk pikiran kacau perbuatan buruk itu terjadi..
Sedangkn yang berada didalam surga tidak akan mampu untuk berbuat buruk maupun berkeinginan buruk, jadi seseorng berbuat baik tidak akan masuk surga, karena sedang berada didalam surga; yang tergelar oleh rasa" surgawi; bungah sumringah dhemen dll, sehinggah pikiran baik pikiran nyaman perbuatan burukpun tidak tetjadi.
meski begitu ada baik buruk yang diperbuat karena terpaksa, hal yang berlawanan/bertentangan dengan dirinya sendiri.

PADHANG PETHENG

Rasa" neraka selalu diikuti dengan pikiran" gelap (angen2 petheng), hinggah tak mampu melihat cahaya terang, juga sebaliknya angen2 padhang itu teriringi oleh rasa" surgawi, menjadikan pepethenge angen2 tersinari.

TRILOKA

janaloka-endraloka-guruloka

Adalah kesatuan dari tiga dimensi
didalam janaloka ada surga neraka (siksa nikmat ragawi)
didalam endraloka ada surga neraka (duka bahagia rasa perasaan)
didalam guruloka tidak ada surga neraka tapi hanya ada nirwana

didalam pandangan ragawi rasa perasaan itu tidak nyata, karena bagi pancaindra yang ada hanyalah dunia (apapun yg digelar oleh pancaindra) seperti halnya dalam pandangan energi bentuk rupa suara & semua yang digelar oleh pancaindra itu tidak ada, yang ada hanyalah energi & gerak yang saling terhubung pada frekuensinya masing"

TANPA SPIRITUAL

Dalam pandangan diri2 tanpa spiritual, kenyataan sejati adalah dunia ini (materi), rasa perasaan keinginan hanyalah buah dari pikiran, pikiran itu kinerja otak yang ada didalam kepala/materi..dan saat dimensi spiritual itu benar2 telah memadat; kesadaran dirinya pun turut terpadatkan hinggah menjadi materi maka dimensi spiritualpun lenyap darinya (tidak ada).

MATERIALISME

Itulah mengapa dijaman sekarang yg aneh yg ajaib yg diluar nalar sulit ditemukan/terjadi, karena diri2 materi memang tidak dapat terhubung dengan dimensi spiritual, kebanyakan yang terjadi hanya tipuan saja sprt para pemain sulap..
banyak kisah2 ajaib nan mistik tersamarkan, menjadi mitos jika tidak dapat dinalar logika, dan untuk mensejarah.kannya hal2 tsb dianalogika.kan..sehinggah tidak ada sejarah spiritual selain hanya tinggal sejarah2 materialisme.
peradaban2 mistik banyak yang hilang..menjadi peradaban moderen tanpa spirit..
meski begitu ada spiritual ada khayalan ada halusinasi..sebab ada moyo nyoto sejati..

MISTIK

Secra harfiah berarti rahasia, bukan angker maupun seram, hanya saja tidak mudah ditemukan, yang dalam bhs jawa disebut ALUS..tetapi bukan bermakna sprt halus dalam bhs.indonesia
bukan juga gaib karna gaib goib itu istilah serapan dari bhs asing..
jadi kaweruh jowo itu tidak bersentuhan dengan yang namanya gaib..

SYAITON (bisik keburukan)

entah itu makhluk jahat yang terbuat dari api
entah itu sosok yang ditugaskan utk menggoda manusia pd keburukan
entah itu hnya dorongan untuk berbuat buruk
entah itu yang tercipta agar manusia masuk neraka
akan tetapi didalam paham spiritual Wong tanah Jowo, syaiton itu tidak ada, orang berkeinginan buruk jahat itu karena dirinya berada didalam neraka, baik itu neraka janaloka maupun neraka endraloka..dan karna jiwo2 bongso neroko memang tidak berselaras dengan sing adem2 ugo sing padhang2..
itulah mengapa perintah berbuat baik larangan berbuat buruk tidak diperlukan, sebab diri yang telah baik tidak berbuat jahat & diri yang buruk tidak mampu berbuat baik..dan keterpaksaan itu menipu diri sendiri, karna bukan berasal dari kesadaran..meski begitu dengan secara terus menerus dalam paksaan itu akan dapat merubah kesadaran..karna perubahan berawal dari kebiasaan..

TOLAK UKUR

Kebaikan itu artinya bermanfaat bagi yg lain, keburukan itu artinya merugikan yg lain..maka baik untukku tdk sllu baik buatmu krn kebergunaan yg berbeda beda & kondisi yg tdk sama..
seorng petani mmbutuhkn cangkul tp seorang nelayan mmbutuhkn jaring.
salah benar tdk berhubungn dg baik buruk, krn ada kebaikan tp salah ada keburukan tp benar, benar brrt tepat salah artiny tdk tepat..didlm spiritualnya semua kebaikan itu adem..semua keburukan itu panas..semua kebenaran itu padhang..semua kesalahan itu petheng..tp adem panas padhang petheng yg bukn sprt gelaran pancaindra (cuaca siang malam)

KEBERADAAN

Keberadaan spiritual itu nyata sprt halnya kenyataan adanya suara oleh pendengaran..surga neraka didlm endraloka itu nyata, bukn sekedar perasaan, tp perasaan itulh yg menggelar jagad surga neraka, hnya saja tdk begitu jelas, krn masih tertutup oleh janaloka yg digelar oleh pancaindra..
omong kosong materialisme menytakn itu cm perasaan yg dtg dr pikiran, dan pikiran itu kinerja otak, sehinggh perlahan lahan mmbuat dimensi spiritualny semakin memadat..bukn sbb pernyataan, tp perubahan atas kesadaran diriny itulh yg memadatkn dimensi spiritual dirinya..
yg dpt membuat jiwa nyawa sukma hidupny memadat jd bentuk materi, hinggh seutuhny mnjdi makhluk materi tanpa dpt berevolusi jiwa hidupny..mk jika syaiton itu ada, suara2 materialisme itulh yg lebih tepat disebut bisikan syaiton, yg mmbuat jiwa hidup manusia tdk dpt berevolusi, yg mmbuat dimensi spiritual kian memadat..
keberadaan itu adl wujud kesadaran dirinya..kesadaran diri dr dimensinya masing"

JOYO JOYO WIJOYO
MISTIK SPIRITUAL TANAH JOWO