Herbal (tetumbuhan)

Share

HERBALISTIC

Secara harfiah berarti tetumbuhan...
dikenal dengan sebutan tanaman herbal ; yang artinya tanaman yang daapt dimanfaatkan untuk pengobatan.. 
menyembuhkn ; artinya dapat menyeimbangkan aliran energi didalam tubuh, dari berbagai macam ketidakseimbangan tubuh yang disebabkan oleh... disebut sebagai penyakit..
sebagai terapi ; artinya konsumsi herbal guna untuk menambah nutrisi2 yang memang dibutuhkan oleh tubuh...

TANAMAN

Meski banyak manfaatnya bagi tubuh, dari tanaman2 herbal, akan tetapi dijaman sekarang bukan hanya tanaman yang ditumbuhkan dengan bahan kimia, tapi sampai tanah pun menjadi tanah non organik
karna memang tanah juga menyimpan nutrisi alamiah tanah (organik)
dan penggunaan obat2 kimia itu dapat merusak kadar nutrisi organik tanah, sehinggah tanaman pun menjadi non organik..
tanaman2 yang ditumbuhkan dari non organik selalu berbeda dari tanaman yang ditumbuhkan dari bahan2 organik, berbeda dari tekstur sampai rasa dan juga nutrisinya..

Non Organik

Semuanya berasal dari alam, apa yang disebut bahan kimia juga dari alam, tapi tidak semua yang berasal dari alam itu dibutuhkan/baik bagi tubuh... karena ada berbagai zat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, sehinggah dapat terjadi penyumbatan...komplikasi dll... .
sedangkan obat2an kimia ; yang berarti rekayasa bahan kimia dari pencampuran zat2 yang menimbulkan reaksi kimia untuk berbagai kebutuhan secara instan.. . itu selalu memiliki efek samping dalam skala kecil.. .
dan tanaman2 dijaman sekarang lebih banyak ditumbuhkan dengan obat2an kimia, padahal meski tanpa obat kimia tanaman tersebut dapat tumbuh berkembang, seperti tanaman2 dijaman dahulu... yang memang benar2 organik.. .

Sari Nutrisi

Nutrisi terbanyak pada tanaman itu terletak pada daunnya (godong : nyadong pepanganane) , dari akar batang tangkai biji bunga pun mengandung nutrisi2 yang baik / dibutuhkan oleh tubuh..
itulah mengapa wit witan disebut : Purwoning dumadi
Sejak kapan manusia mulai konsumsi daging??
sedangkn di tanah jawa ada beragam aneka polo :
-Polo pendem : beragam umbi2an
-Polo kesampar : beragam tumbuhan buah rambat
-Polowijo : beragam biji2an
-Polo gumantung : beragam pepohonan buah
beragam sayuran dan kembang dll... .

Jika nutrisi biji2an menjadi stamina tubuh.. nutrisi2 kembang/bunga dibutuhkan bagi kesehatan kulit.. .
bukan tidak mencukupi kebutuhan gizi tubuh, tapi sebenarnya itu chanya kebiasaan konsumsi tubuh...
sedangkan tubuh itu sendiri merupakan kesatuan dari zat2 hidup/sel ... . dari banyak sel yang menjadi satu (nunggal pisah)
seperti lidah yang punya keinginan hidup ; mencicipi
seperti lambung yang punya keinginan hidup ; melumat
dll... .sampai keinginan hidup sel2 tubuh pd nutrisi2... .
Itulah mengapa mengganti/beralih kebiasaan konsumsi makanan akan terjadi penolakan dalam tubuh, karena tidak sesuai dengan keinginan2 hidup sel2 tubuh..... .tapi pada akhirnya sel2 tubuh akan berganti menjadi sel2 tubuh yang berbeda (saat mengganti konsumsi nutrisi tubuh).. begitulah evolusi yang selalu berawal dari adaptasi.. .

Konsumsi2 non herbalic akan mempercepat laju pertumbuhan dan akan merusak sel2 tubuh yang menghambat cepatnya laju tumbuh tersebut.. sehinggah tubuh akan lebih cepat mencapai "batas pertumbuhan"
Itulah mengapa ditanah jawa ada Laku yang hanya memakan umbi2an atau hanya memakan buah2an atau hanya memakan dedauan ; untuk menyerap energi2 yang terkandung didalamnya juga untuk menyerap kawruh2 nya secara sempurna.. . sekaligus juga dapat mmperlambat cepatnya laju pertumbuhan organ2 dalam tubuh.. .
bukan hanya sebagai konsumsi tapi juga dimanfaatkan untuk keperluan2 terapi, wewangian seperti dupa atau digunakan sebagai simbol2 energi ( spiritualitas )

Bahwa setiap yang telah mencapai batas itu menjadi awal kerusakan.

ROGO (tubuh) 

sing njobo : wulu - kulit - otot - daging - getih - balung - sumsum
sing njero : usus lambung ginjel limpa ati jantung paruparu
sing alus : otot alus nadi utek jinem sanu cipto dll
ketiganya itu disebut organ tubuh, dan kesemuanya itu tidak selalu sama tumbuh kembangnya, tergantung pada sari2 nutrisi yang dikonsumsi.... .dan setiap tubuh memiliki kapasitas kekuatan organ yang berbeda2 itu berasal dari DNA...
ketika nutrisi kulit itu berlebih/laju pertumbuhannya lebih cepat, maka kulit akan lebih cepat mencapai batas pertumbuhannya dan berangsur angsur melemah .. rusak/mati... .dan karna kekuatan wulu terletak pada kulit, wulu pun juga akan melemah dan berangsur angsur rusak/rontok... .

JOYO JOYO WIJOYO
WONG JOWO NJOGO ROGO