Serat Ukoro Jowo

Share

SERAT UKORO JOWO


Suatu hal yang sepele tentang penulisan sebuah kata dalam bahasa jawa, sampai memicu gerakan diam2 persekutuan, sehinggah yang benar menjadi teranggap salah dimasa kini, karena menyimpang dari pembakuan yang telah ditetapkan dan disepakati oleh segelintir orang.

KONTRAVERSI

Dari penulisan vokal O dalam bhs jawa yang harus ditulis A
dalam kasus pembicaraan bhs.indo jowo ya ditulis jawa' tapi dalam kasus pembicaraan bhs.jowo.. yang benar ya ditulis JOWO bukan jawa (jowo yang di indonesiakan).
CONTOH KASUS
Dengan alasan itu nama kota tetap ditulis apa adanya, vokal O tetap O tidak ditulis A..
itu kan sudah jelas, karna nama kota2 tsb sudah tertuliskan sprt itu dalam peresmiannya sebelum terjadinya proyek pembodohan bahasa jawa..
-MOJOKERTO-BONDOWOSO-WONOGIRI-PURWOKERTO-BOJONEGORO-PURWODADI-
dll
Secara tertulis vokal O tidak dirubah menjadi A

HISTORIES

Penetapan baku penulisan bhs.jawa berawal pada kongres surakarta (yg seharusnya surokerto) tahun 1922.. dengan keputusan bahwa Vokal O pada bhs.jawa harus banyak yang dihilangkan.. dengan menulisnya menjadi A..
jadi nama kota2 yang mengikuti pembakuan (pembodohan) bhs.jawa itu ditetapkan setelah tahun 1922, yg artinya kota2 tsb tidak terbentuk sebelum tahun 1922..

ETHNICAL

Bahwasanya semua bahasa itu punya ciri khasnya tersendiri..begitu juga dengan bhs.jawa..vokal O itu ethnicnya..dan pembakuannya merusak ethnic bhs.jawa bahkan juga dapat mengaburkan dan menghilangkan bahasa aslinya..
Memang tidak telihat begitu penting.. tapi satu perubahan dapat memicu perubahan2 yang lain.. 

SALAH.BENAR
Kebenaran penulisan baku bhs.jawa itu sejak 1992 dan sebelum th 1992 penulisan tsb salah..
Berbanggalah dengan vokal O yang lantang khas Jowo, dengan menulisknnya O bukan A..

KONSPIRACION 

(berbisik bersama)
Penetapan pembakuan tsb bukan hanya dilakukan oleh orang lokal saja tapi itu juga melibatkan pihak asing aseng  asong dalam kongres tsb..
jadi ini adalah konspirasi dunia untuk bhs.jawa yang telah diikuti oleh kebanyakan orang2 jawa sebab karna memang sudah terbiasa (kulino) dan telah diajarkan sejak masih sekolah..

JOYO JOYO WIJOYO
TOTO UKORO JOWO